Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Syllabus Sistem Sosial Indonesia – Politik Lokal dan Perubahan Sosial

Syllabus Sistem Sosial Indonesia

SYLLABUS

Nama Mata Kuliah  :    Sistem Sosial Indonesia

SKS                         :    3 SKS

Status Mata Kuliah  :    Wajib

Pengampuh              :  Erni Zuhriyati, S.S., S.IP., MA/David Efendi, SIP, MSI, MA

A.         Diskripsi Singkat Mata Kuliah:

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami, dan menjelaskan konsep sistem sosial. Teori-teori dalam sistem sosial, serta kondisi sosial yang ada di Indonesia beserta teori yang menjelaskan gejala sosial yang ada. Kondisi Indonesia yang majemuk dan plural membutuhkan pemahaman yang mendalam sehingga kebijakan sosial dan politik yang dihasilkan pemerintah seharusnya dapat mensikapi kondisi tersebut. Sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara dapat berjalan dengan baik disebabakan karena masing-masing warga dan pemerintah memahami kemajemukan dan pluralitas tersebut serta membangun toleransi di atas kemajemukan yang ada.

B.          Tujuan Pembelajaran:

  1. Menekankan proses pembelajaran berbasis student centered, dengan perpaduan pembelajaran kolaburatif dan kooperatif berbasis kelompok.
  2. Menggunakan sarana pembelajaran multi media.
  3. Menggunakan e-learning dalam menunjang proses pembelajaran.

 C.          Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang akan ditetapkan lebih banyak memberikan ruang bagi partisipasi aktif mahasiswa, dengan perpaduan pembelajaran kolaboratif dan kooperatif dengan berbasis kelompok. Pemahaman tentang konsep mendasar dalam ilmu  politik serta metode analisis yang digunakan dalam ilmu politik dilakukan dengan pembelajaran kolaburatif.

Pencapaian kemampuan menulis, menganalisis, dan kemampuan mengemukakan pendapat dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok untuk menulis dan menganalisis kasus-kasus actual dan mempresentasikan makalahkelompok dalam diskusi kelas. Penyusunan makalah berbasis kasus tersebut juga merupakan sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dalam menulis karya ilmiah, dan melatih mahasiswa untuk belajar dan kerjasama dalam tim.

Proses perkuliahan juga dilakukan dengan saranapembelajaran berbasis multimedia. Untuk mendukung perkuliahan didukung dengan sarana e-learning sehingga mahasiswa juga memahami dan mengikuti perkembangan teknologi.

 D.         Referensi

    1. Nasikun. 2005. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
    2. Ali Syamsuddin. 2010. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bahan Ajar di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Komputer Indonesia Bandung.
    3. Herien Puspitawati. 2009. Teori Struktural Fungsional Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Keluarga. Bahan Ajar Pengartar Ilmu Keluarga Fakultas   Ilmu Ekologi Manusia IPB.
    4. Zainal Muttaqin. 2010. Sistem Sosial-Budaya Indonesia. Kompilasi Materi Kuliah Sistem Sosial dan Budaya Indonesia. Fisipolkom Universitas Serang Banten.
    5. Syarif Moeis. 2010. Bahan Ajar Struktur Sosial: Stratifikasi Sosial Mata Kuliah Struktur Dan Proses Sosial Jurusan Pendidikan Sejarah  FPIPS UPI Bandung.
    6. David Lavine. 1969. Sejarah dan Struktur Sosial Dalam kajian indonesia Kontemporer. Indonesia. Indonesia No. 7 April.
    7. Seta Basri. 2012 Konflik Vertikal dan Horizontal di Indonesia.http://setabasri01.blogspot.com/2012/05/pendekatan-pendekatan-dalam.html
 

E.          Materi Pembelajaran

Proses perkuliahan dalam satu semester akan dilaksanakan dalam 14 peretemuan dengan  sistem yang berpusat pada mahasiswa dengan metode ceramah, brainstorming, diskusi, dan penugasan kasus. Adapun materi pembelajaran sebagai berikut:

POKOK BAHASAN

SUB POKOK BAHASAN

REFERENSI

1

Kontrak Belajar
  1. Penjelasan Silabus
  2. Pembagian Kelompok
  3. Kontrak Belajar
  4. Pengantar

2

Konsep Dasar Sistem Sosial
  1. Pengettian Sistem Sosial
  2. Proses-Proses  dalam Sisitem Sosial
  3. Sistem Sosial Sebagai gerak sosial
 Ali Syamsuddin. 2010.

Bahan Ajar

Matakuliah Sistem Sosial Budaya Indonesia

Jurusan Ilmu Komunikasi

3

Teori Sosial Struktural Fungsional

  1. Pengertian Strutural Fungsionlal
  2. Auguste Comte (1798 -1857)
  3. Herbert Spencer (1820-1903)
  4. Emile Durkheim
  5. Oswald Spengler (1880-1936)

Herien Puspitawati. 2009. Teori Struktural Fungsional Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Keluarga. Bahan Ajar Pengartar Ilmu Keluarga Fakultas   Ilmu Ekologi Manusia IPB. Hlm. 7 – 30

 4

Pendekatan Struktural Fungsional

  1. Bronislaw Malinowski (1884-1942)
  2. Alfred Reginald Radcliffe-Brown (1881-1955)
  3. Talcott Parsons (1902-1979)
  4. Robert Merton (1911-2003)
  5. Anthony Giddens (1938-sekarang) .
  6. Kritik

Herien Puspitawati. 2009. Teori Struktural Fungsional Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Keluarga. Bahan Ajar Pengartar Ilmu Keluarga Fakultas   Ilmu Ekologi Manusia IPB. Hlm. 7 – 30

5

Teori Konflik Sosial

  1. Pengerian Konflik sosial
  2. Jenis Konflik sosial
  3. Penyebab Terjadinya Konflik
  4. Kekerasan dalam Konflik
  5. Indikator Konfli\
  6. Pendekatan Penyelesaian Konflik sosial

Zainal Muttaqin. 2010. Sistem Sosial –

 

Budaya Indonesia.

Kompilasi Materi Kuliah Sistem Sosial dan Budaya Indonesia. Fisipolkom Universitas Serang Banten Teori Konflik Sosial

  1. Karl Marx
  2. Weber
  3. Dahrendroft
  4. Loser
  5. Kritik

Zainal Muttaqin. 2010. Sistem Sosial –

 

Budaya Indonesia.

Kompilasi Materi Kuliah Sistem Sosial dan Budaya Indonesia. Fisipolkom Universitas Serang Banten

6

Teori Integrasi Sosial

  1. Pengertian Integrasi Sosial
  2. Bentuk- Bentuk Integrasi Social

 

7

Teori Stratifikasi Sosial

  1. Konsep Stratifikasi Sosial
  2. Dasar Timbulnya Stratifikasi Sosial
  3. Tolah Ukur Stratifikasi Sosial
  4. Bentuk-Bentuk Stratefikasi Sosial
  5. Unsur-Unsur penting dalam Stratifikasi Sosial

Syarif Moeis.

 

Bahan Ajar

Struktur Sosial :

Stratifikasi Sosial

Mata Kuliah Struktur Dan Proses Sosial

Jurusan Pendidikan Sejarah

FPIPS UPI Bandung

8

Ujian Tengah Semester

9

Konsep Sistem Sosial Indonesia

  1. Sistem Sosial di Indoensia
  2. Pemikiran Konsep Geerzt dan Kuntowijoyo tentang Sistem Sosial di Indosia
  3. Asas Sistem Sosial Budaya Indonesia.
  4. Pola Pikir Sistem Sosial Budaya Indonesia
  5. Pola Tindak Sistem Sosial Indonesia
  6. Proses Sistem Sosial Budaya Indonesia

Zainal Muttaqin. 2010. Sistem Sosial –

 

Budaya Indonesia.

Kompilasi Materi Kuliah Sistem Sosial dan Budaya Indonesia. Fisipolkom Universitas Serang Banten

 

David Lavine. 1969. Sejarah dan Struktur Sosial Dalam kajian indonesia Kontemporer. Indonesia. Indonesia No. 7 April

10

 Perkembangan Masyarakat Multikultural di Indonesia

  1. Konsep Masyarakat Multikulural Indonesia
  2. Multikultural dari perspektik Horizontal
  3. Multikultural dari perspektik Horizontal

Syarif Moeis.2008.  Perkembangan Kelompok

 

Dalam

Masyarakat Multikultural .

Makalah

Disajikan dalam diskusi Jurusan Pendidikan Sejarah

FPIPS UPI Bandung

 

11

Sistem Integrasi Nasional di Indonesia

  1. Landasan Integrasi Nasional
  2. Hambatan Integrasi Nasional
  3. Konsep Solusi Integrasi Nasional
  4. Lembaga-Lembaga Pemersatu

Zainal Muttaqin. 2010. Sistem Sosial –

 

Budaya Indonesia.

Kompilasi Materi Kuliah Sistem Sosial dan Budaya Indonesia. Fisipolkom Universitas Serang Banten

12

Konflik Sebagai Acuan Analisis Sistem Sosial Dan

 

Budaya Indonesia

 

  1. Akar Konflik Sosial indonesia
  2. Konflik Vertikal
  3. Konflik Horizontal
  4. Upaya Penyelesaian konflik

S eta Basri. 2012 Konflik Vertikal dan Horizontal di Indonesia.http://setabasri01.blogspot.com/2012/05/pendekatan-pendekatan-dalam.html

13

Bedah Kasus Konflik Horizontal  di Indonsia

  1. Kasus Konflik Poso
  2. Kasus Konflik Maluku

S eta Basri. 2012 Konflik Vertikal dan Horizontal di Indonesia.http://setabasri01.blogspot.com/2012/05/pendekatan-pendekatan-dalam.html

14

Bedah Kasus Konflik Vertikal di Indonesia

  1. Kasus Konflik Aceh
  2. Kasus Konflik Papua

S eta Basri. 2012 Konflik Vertikal dan Horizontal di Indonesia.http://setabasri01.blogspot.com/2012/05/pendekatan-pendekatan-dalam.html

15

UJIAN AKHIR SEMESTER

 

F.     Learning Outcome

    1. Knowledge and Understanding

1)        Mahasiswa mengerti dan memahami obyek analisa  dalam system social di Indonesia

2)        Mahasiswa mengerti dan memahami metode yang digunakan dalam menganalisa fenomena sosial.

b.      Intelectual Skill

1)      Mahasiswa mampu menjelaskan obyek analisa  dalam system social

2)       Mahasiswa mampu menggunakan metode yang digunakan dalam analisa obyek system sosial

c.       Practical skill

1)      Mahasiswa mempunyai pengalaman dalam berkomunikasi

2)      Mahasiswa mempunyai pengalaman dalam penulisan makalah/tulisan ilmiah

3)      Mahasiswa mampu mengadakan penelitian dalam menganalisa obyek ilmu politik

4)      Mahasiswa mampu mencari solusi dalam memecahkan problema politik dan sosial yang ada, sesuai dengan analisa ilmiah, berdasarkan metode analisis yang dipergunakan.

d.      Manajerial Skills and Attitude

1)      Mahasiswa memperoleh pengalaman bekerja dalam tim.

2)      Mahasiswa mendapatkan pengalaman memimpin suatu diskusi, melakukan presentasi, dan mengemukakan pendapat

3)      Mahasiswa mampu membentuk institusi penelitian yang berhubungan obyek kajian dengan ilmu politik

G.         Evaluasi

Aspek penilaian yang digunakandalam proses pembelajaran mata kuliah ini adalah sebagai berikut

Tabel Aspek Penilaiandalam proses pembelajaran 

No.

Aspek penilaian

Unsur Penilaian

Persentase (%)

1

  1. Knowledge and understanding
  2. Kuis
2.    Ujian Sisipan

3.    Ujian Akhir

5

20

20

2

Intelectual and

Practical Skill

  1.  Makalah

2.    Presentasi

3.    Aktifitas/partisipasi di kelas

25

10

10

3

Managerial and attitude

      1.    Kerjasama tim

10

 

Jumlah

 

100

 

 

Adapun Kriteria penilaian sebagagai  berikut

Tabel Kriteria Nilai

 Persentase

Nilai

≥ 80%

A

65% – 80 %

B

50% – 65%

C

<50%

D

Penilaian terhadap proses pembelajaran ini dilakukan dengan dua cara, yaitu

  1. Student assessment (by teacher)

Student assessment dilakukan dalam bentuk kuis , ujian sisipan dan ujian akhir, makalah dan diskusi

  1. Peer assessment (by friend)

Penilaian dilakukan oleh rekan dalam satu kelompok, dengan menggunakan kuessioner yang telah disiapkan (meliputi frekuensi kehadiran dalam diskusi kelompok, keaktifan dalam diskusi, sumbang saran dalam diskusi, dan relasi dalam diskusi). Kuesioner dibuat dengan skala likert. Sedangkan kualitas presentasi dinilai oleh kelompok yang lain, dengan kuesioner yang telah ditetapkan (meliputi ketetapan waktu, sikap penyaji, kejelasan dan daya tarik metode presentasi, isi presentasi, dan respon dalam diskusi.

 

 

 

 

About David Efendi 237 Articles
David Efendi is a young lecturer at the departement of Governmental Studies at UMY. He graduated from political Science, University of Hawaii at Manoa and Gadjah Mada University. His research interest are mostly in the area Local Politic, everyday politics and resistances he then found this Everyday Politics and Resistance Studies in order to create a new alternative in understanding political issue both local and national. The main focuses of his current research are about everyday life of people resistances and politics, non-violence movement, collective action, and also social movement.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*